Jumat, 29 November 2013

KUNJUNGAN INDUSTRI SMK TERUNA JAYA 1 GUNUNGKIDUL


SMK Teruna Jaya 1 Gunungkidul pada hari rabu 27 November 2013, melaksanakan Kunjungan Industri di empat tempat yaitu Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik, Redaksi dan Percetakan Tribun Jogja, Komplek Tamansari, dan di pusat perbelanjaan Malioboro. Tujuan di laksanakannya Kunjungan Industri adalah agar siswa memperoleh pengalaman tentang dunia kerja dan mekanisme kerja, memehami kemajuan teknologi dalam dunia kerja, memahami tentang peluang kerja dan kompetensi tenaga kerja.

Tempat tujuan pertama adalah Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik yang beralamat Jalan Sukonandi No. 9 Yogyakarta. Tiba di BBKKP kurang lebih pukul 08.30. Sampai di tempat tujuan di sambut dengan baik, dan seluruh siswa dan juga seluruh guru di persilahkan masuk ke Karet Room, yaitu tempat pertemuan. Di ruang tersebut seluruh siswa diberi pemahaman tentang BBKKP. Setelah itu para siswa dan guru berkeliling ruangan BBKKP yang di pandu oleh salah satu staf yang bekerja di BBKKP tersebut. Ruang pertama yaitu penyamakan kulit, kemudian finishing kulit, lalu ruang pembuatan sepatu dari kulit, dan yang terakhir adalah ruang showroom.

Tempat tujuan kedua adalah Percetakan Harian Tribun Jogja, beralamat di Jalan Nusupan Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Disana seluruh siswa dijelaskan alur proses penerbitan Harian Tribun Jogja dari awal sampai selesai. Perintis Harian Tribun adalah Kompas Gramedia terbit pertama pada tanggal 11 April 2011. Jumlah cetakan yang dihasilkan setiap hari adalah 73000 exemplar dan jumlah halaman terbit yaitu 24 halaman. 

Tempat tujuan ketiga yaitu Kampung Batik dan Bangunan Sejarah Komplek Tamansari yang bertempat di kelurahan Patehan dan Kecamatan Kraton. Tamansari di bangun pada tahun 1691-1758 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I dan II.
Bangunan-bangunan yang ada di komplek Tamansari yaitu:
- Gedong sekawan, yaitu untuk menyimpan dan meletakan gamelan serta tempat tarian,
- Gapura panggung, yaitu tempat raja menonton tari-tarian,
- Sumur gumuling, yaitu di gunakan untuk wudhu,
- Umbul pamuncar, yaitu untuk pemandian anak-anak raja,
- Umbul panguras, yaitu untuk mandi para selir raja,
- Umbul binangun, yaitu untuk mandi raja,
- Pulau panembung, yaitu tempat untuk bertapa raja,
- Tangga lima (simbol rukun islam), yaitu tempat untuk adzan,
- Urung-urung, yaitu jalan rahasia untuk lewat raja,
- Dermaga, yaitu untuk pemberhentian kapal-kapal.

Tempat tujuan terakhir adalah pusat perbelanjaan Malioboro. Di tempat tersebut seluruh siswa di bebaskan  untuk berjalan-jalan keliling kota Malioboro dengan ketentuan pada pukul 16.00 sudah berkumpul. Dan selanjutnya adalah kembali ke SMK Teruna Jaya 1 Gunungkidul.

Kesan-kesan positif selama Kunjungan Industri yaitu memperluas pengetahuan dan menambah pengalaman, dimana siswa dapat memperoleh pengetahuan tentang dunia kerja beserta aktivitasnya dan mendapat pengetahuan tentang kebudayaan di Yogyakarta. Hal itu tentu sangat bermanfaat bagi siswa dalam upaya peningkatan kompetensi dan guna meningkatkan rasa cinta pada kebudayaan di Yogyakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar